Bagaimana Sarapan Sehat

Apabila anda sering lelah, loyo, gampang ngantuk dan bermasalah dengan berat badan itu dikarenakan anda SALAH MEMILIH SARAPAN!Seringkali kita makan karena kita”lapar mata” jadi yang menentukan makanan dan minuman yang seharusnya dimakan adalah mata kita.Padahal belum tentu apa yang kita makan adalah apa yang kita butuhkan.

      Badan kita terdiri dari 100 trilyun sel yang membutuhkan 114 macam nutrisi yang berbeda-beda dan itu semua harus kita penuhi. Apa yang terjadi apabila kita bangun di pagi hari dan tubuh kita membutuhkan 114 macam nutrisi tersebut dan kita memakan sarapan yang salah, maka dapat dipastikan metabolisme tubuh akan terganggu yang akan mengakibatkan  semua aktivitas anda lambat laun juga terganggu.

Berikut ini adalah jenis sarapan salah yang sering dikonsumsi :

Mie Instantsandwich-production

1. Sarapan Karbohidrat seperti cereal, roti putih, nasi akan menyebabkan gula darah naik secara mendadak sehingga badan melepaskan jumlah insulin cukup besar.Akibatnya terjadi penurunan kadar gula dalam darah dan itu menyebabkan kita ingin makan lebih banyak lagi karbohidrat.Jika hal ini terjadi berulang-ulang maka siklus naik turunnya kadar gula dalam darah akan memperberat kerja pankreas.Ini adalah penyebab utama DIABETES, TEKANAN DARAH TINGGI dan BERAT BADAN NAIK.

2. Bagaimana kalau kita TIDAK SARAPAN?

Bila anda tidak sarapan maka gula darah akan turun/drop dibawah normal. Anda akan merasa sangat lapar dan tidak bertenaga. Akibatnya anda akan mengkonsumsi karbohidrat simple untuk mengatasi rasa lapar dan penurunan energi yang dialami. Karena mengkonsumsi karbohidrat simple maka gula darah akan melonjak mendadak dan menyebabkan badan melepaskan sejumlah insulin yang cukup besar. Insulin akan mengambil kelebihan gula dalam darah dan merubahnya menjadi lemak. Maka terjadilah KELEBIHAN BERAT BADAN, TEKANAN DARAH TINGGI DAN DIABETES akibat pankreas yang bekerja terlalu berat

Bagaimana kriteria SARAPAN YANG BAIK?

Sarapan pagi yang mengenyangkan dan menyehatkan:

  • Cukup nutrisi, vitamin dan mineral
  • Cukup Protein dan asam amino
  • Cukup karbohidrat kompleks (bukan karbohidrat nasi)
  • Cukup lemak baik
  • Cukup air putih

Tetapi bukan berarti sarapan sehat tersebut terdiri dari sepiring penuh karbohidrat dengan penuh lauk pauknya, tetapi yang dimaksud adalah kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam sarapan tersebut tersebut lengkap.