Diet Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Masalah JerawatSalah satu problem yang menyertai masa pubertas di kalangan remaja adalah munculnya jerawat di bagian kulit wajah. Penyakit jerawat yang dalam istilah kedokteran disebut acne itu memang menyebalkan, menggangu, dan bisa jadi merusak penampilan karena kulit wajah penuh tonjolan berwarna kemerah-merahan. Tapi jangan khawatir dengan mengurangi asupan tertentu dan menjalankan diet HERBALIFE berat badan bisa turun dan jerawat dikulit wajah pun bisa menghilang.

Sekadar info, jerawat muncul karena berlebihnya produksi minyak sabun di pori-pori kulit, khususnya di bagian wajah dan punggung. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan mudah terirnfeksi. Produksi yang berlebih ini umumnya terjadi pada kelompok usia belasan tahun karena meningkatnya hormon seks.

Kebanyakan jerawat mulai muncul pada awal pubertas. Pada gadis, jerawat sudah muncul satu tahun sebelum pubertas, namun jerawat ini pada umumnya sangat ringan sehingga kehadirannya sering tidak diketahui.

Faktor yang membikin timbulnya jerawat :

  • Hormon

Hormon androgen mempunyai peran penting atas munculnya jerawat. Selama masa pubertas, produksi androgen meningkat. Akibatnya kelenjar lemak lebih aktif memproduksi lemak dan kemudian menimbulkan jerawat.

  • Terdapatnya kelenjar palit

Kelenjar palit berfungsi sebagai penghasil palit, yakni senyawa berminyak yang berfungsi menjaga kulit dan rambut tetap lentur, mengilap dan tak tembus air dan juga melindungi masuknya bakteri lewat kulit. Kelenjar ini terdapat di bagian kulit wajah, dada dan punggung.

  • Lemak yang tidak bisa keluar

Lemak yang tidak bisa keluar sebagian mengumpul di pori kulit bagian wajah, dada dan punggung yang kemudian bisa memicu timbulnya jerawat.

  • Terdapatnya komedon yang terinfeksi

Komedon/komedo adalah sumbatan atas folikel rambut yang merupakan awal terjadinya jerawat. Bila  terkena infeksi, misalnya dipencet atau diusap-usap dengan jari tangan, komedon ono akan menjadi jerawat yang mengganas.

Untuk melawan jerawat, diet yang disarankan adalah diet tinggi vitamin C yang bisa ditujukan untuk melawan infeksi. Karena itu, mulai sekarang banyak-banyaklah mengonsumsi buah-buahan segar seperti apel, mangga, belimbing dan lain sebagainya. Vitamin A juga penting untuk menjaga kesehatan kulit. Makanya, perbanyaklah mengomsumsi bahan makanan kaya betakaroten seperti wortel, aprikot, pepaya, ubi merah, brokoli, sayuran hijau dan laiinya.